Friday, May 25, 2018

Mengurus Visa Australia secara Online

Mengurus visa Australia yang dilakukan secara online ternyata sangat mudah, cepat dan efisien. Setidaknya apabila dibandingkan dengan pengalaman mengurus visa Schengen, UK atau USA.

Proses aplikasi dimulai dari membuat akun di https://online.immi.gov.au/lusc/login.
Setelah verifikasi, proses pengisian dapat mulai dilakukan. Ada 20 steps. Tidak harus diisi sekaligus. Sesempatnya saja karena ada menu save. Sewaktu-waktu dapat re-login dan dilanjutkan kembali.

Setelah step 20 akan muncul semacam halaman review. Kita baca sekali lagi seluruhnya, kalau ada yang salah masuk ke halaman yang salah tersebut dan edit lalu next next sampai step 20.

Dokumen termasuk foto yang disampaikan dalam bentuk soft file. Jadi di scan saja yang berwarna trus tinggal upload. Dokumen yang waktu itu saya sampaikan adalah:
- Foto terbaru latar belakang putih. Ukuran 45 X 35. (Ada ketentuan tentang berapa besar bagian kepala dalam foto tsb, diikutin saja)
- Paspor yang masih valid. (Karena paspor kami baru dan masih kosong, kami scan paspor yang lama berikut seluruh lembar yang ada cap masuk keluar plus visa dari negara2 yang sebelumnya pernah dikunjungi)
- KTP, Kartu Keluarga, kartu pelajar
- Akta lahir dan akta perkawinan (untuk anak yang < 18 tahun)
- Surat keterangan dari kantor (saya sampaikan juga scan business card)
- Rekening koran 3 bulan terakhir (saya tambahkan juga scan bukti kepemilikan properti)
- Tiket pesawat pulang-pergi
- Bukti akomodasi hotel (kami reservasi melalui booking.com, yang masih bisa dicancel tanpa dikenakan biaya)

Setelah semua dokumen yakin lengkap dan diunduh semua (unduh-nya juga sedikit2 tidak apa2, karena masih bisa re-login lagi) tekan next dan masuk ke pembayaran. Bahkan setelah submit pun masih bisa unduh dokumen tambahan, namun untuk yang ini saya tidak punya pengalaman.

Pembayaran dapat dilakukan menggunakan kartu kredit/paypal/lainnya (saya lupa). Biaya-nya sekitar 140an AUD per orang, ada surcharge untuk penggunaan kartu kredit. (Karena transaksi lebih dari Rp 1 juta, beberapa penerbit kartu kredit memungkinkan untuk diubah menjadi cicilan 3 bulan 0% dengan dikenakan biaya per transaksi)

Setelah dilakukan pembayaran, otomatis aplikasi kita terkirim dan terproses. Tidak beberapa akan muncul notifikasi perihal ini (bahwa aplikasi sudah diterima dan sedang diproses)

Tempo hari saya membayar dan mensubmit pada hari Selasa dan pada hari Jumat minggu yang sama (tidak sampai 7 hari kerja) visa-nya sudah terbit. Informasi penerbitan ini disampaikan melalui email dan bisa di download/dicetak.

Secara umum aplikasinya user friendly. Kalaupun ada keraguan tiap isian dilengkapi dengan tanda '?'. Tinggal di klik dan akan muncul penjelasan tentang isian apa/dokumen apa yang dimaksudkan.


Selamat mencoba..








No comments:

Post a Comment