Thursday, April 7, 2011

Perguruan Tinggi Swasta Terbaik (PDAT 2011)

Pusat Data dan Analisa TEMPO (PDAT) di awal tahun 2011, kembali melakukan survei Perguruan Tinggi Swasta (PTS) Terbaik menurut Persepsi dan Pengalaman Para Manager di Dunia Kerja di Jabodetabek.

Menurut data, Perguruan Tinggi Swasta (PTS) mulai dari akademi, sekolah tinggi, institut hingga universitas, tercatat ada 3.000 PTS yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Tingginya jumlah PTS tersebut, belum tentu diiringi kualitas yang memadai.

Banyaknya tawaran dari berbagai PTS dengan program- program studinya, menyebabkan calon mahasiswa harus jeli dalam memilih PTS, terutama dikaitkan dengan prospek kerja setelah lulus nanti. PDAT telah melakukan survei pemeringkatan perguruan tinggi swasta terbaik, menurut kacamata para manager berdasarkan persepsi dan pengalamannya dalam merekrut atau bekerja dalam suatu tim selama mereka bekerja.

Survei berdesain kuantitatif, dengan metode pengambilan Quota Sampling, dua panel responden: User dan Recruiter. User adalah mereka yang bekerja pada level manajerial berpendidikan minimal S-1, memiliki bawahan minimal S-1. Adapun Recruiter adalah mereka yang bekerja pada bidang personalia/HRD di sebuah perusahaan tertentu atau perusahaan konsultan khusus penyedia tenaga kerja (head hunter), berpendidikan S-1 serta memiliki pengalaman merekrut S-1 di perusahaan tempat bekerja atau untuk perusahaan lain. Sebelum mengukur siapa PTS terbaik, yang digali pertama adalah tingkat awareness para manager di Jakarta.

Faktor penting dalam pemilihan sebuah PTS terbaik adalah lulusannya harus memiliki ilmu dan keterampilan yang memadai untuk bekerja sebagai modal awal untuk melakukan pekerjaan yang dilamarnya, dosen yang berkualitas , lulusannya cepat beradaptasi dalam lingkungan kerja, memiliki motivasi dan dedikasi yang tinggi, lulusannya siap bekerja, lulusannya siap mudah dibentuk/ diarahkan untuk dilatih. Dari segi kampus, PTS memiliki reputasi yang bagus serta fasilitas kampus yang lengkap.

Faktor Penting dalam Pemilihan PTS Terbaik

Berdasarkan faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi dan pertimbangan para manager memilih sebuah PTS terbaik adalah sebagai berikut:

  • Lulusannya harus memiliki ilmu dan keterampilan yang memadai untuk bekerja sebagai modal awal untuk melakukan pekerjaan yang dilamarnya.
  • Dosen yang berkualitas. Dalam menghasilkan kualitas lulusan, kualitas dosen sangat berpengaruh, karena akan menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan yang memadai.
  • Lulusannya memiliki motivasi, dedikasi, cepat ber-adaptasi dan berprestasi dalam bekerja.
  • Lulusannya berkualitas, kampusnya terkenal, fasilitas kampus lengkap dan berprestasi di dunia kerja.
Berikut adalah 10 besar PTS terbaik Ekonomi - Akuntansi
1. Universitas Trisakti
2. STIE Perbanas
3. Unika Atma Jaya
4. Universitas Pelita Harapan
5. Universitas Tarumanagara
6. UPI YAI
7. Universitas Parahyangan
8. Universitas Kristen Indonesia
9. Universitas Pancasila
10. Universitas Bina Nusantara

Sedangkan 10 besar PT terbaik Ekonomi - Manajemen
1. Universitas Trisakti
2. Unika Atma Jaya
3. Universitas Pelita Harapan
4. Universitas Tarumanagara
5. Universitas Parahyangan
6. STIE - Perbanas
7. UPI YAI
8. Universitas Moestopo
9. Universitas Pancasila
10. Universitas Bina Nusantara

2 comments:

  1. saya sekarang mahasiswa ekonomi trisakti, dan mantan mahasiswa UAJ...saya berani bilang, UAJ jauhhhh lebih baik...saya rasakan sendiri bedanya...jauhhhh

    ReplyDelete
  2. Good news buat atma jaya kalau begitu...

    ReplyDelete